07 Februari 2009

METODE DAN PENDEKATAN DALAM BAHASA ARAB

METODE DAN PENDEKATAN DALAM BAHASA ARAB
oleh : Faruq Baharudin


Suatu ketika Pak Faiz mengajar bahasa Arab di kelas 7B MTs. Kebetulan siswa-siswi di kelas itu berbeda dengan siswa-siswi di kelas 7A yang kebanyakan memiliki latar belakang Madrasah Ibtida’iyah. Sementara siswa kelas 7B banyak memiliki latar belakang dari Sekolah Dasar yang notabene tidak diajarkan bahasa Arab dan kemampuan belajarnya lebih rendah dari siswa kelas 7A. Ternyata ketika mengajar 7B, pendekatan dan metode yang digunakan Pak Faiz tidak begitu berbeda dengan pendekatan dan metode yang digunakan ketika mengajar kelas 7A. Dia menganggap semua pendekatan dan metode itu sama. Semuanya bisa diterapkan kepada siapapun. Walhasil, siswa kelas 7A mampu menyerap semua apa yang disampaikan oleh Pak Faiz. Sementara, siswa 7B banyak yang masih kurang paham dengan apa yang disampaikan Pak Faiz.


Dalam proses belajar mengajar, sering kali kita menggunakan metode tertentu yang kurang atau tidak cocok dengan isi dan tujuan pengajaran. Akibatnya, hasilnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, bahkan mungkin merugikan semua pihak terutama pihak siswa dan keluarganya, meskipun rata-rata mereka tidak menyadari hal itu. Di sinilah letak pentingnya mengapa pendekatan dan metode yang akan digunakan harus ditentukan dahulu sebelum melakukan proses belajar mengajar agar bisa berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Untuk menunjang hal tersebut, tentunya kita harus menyesuaikan antara pendekatan dan metode yang akan dilakukan dengan tujuan pembelajaran dan sifat materi yang akan menjadi objek pembelajaran.

Guru yang memiliki pendekatan dan metode yang variatif dalam pengajarannya serta ditunjang dengan pengalaman mengajar yang sudah lama, maka dia memiliki peluang besar untuk menciptakan sebuah proses belajar mengajar yang sukses. Setiap pendekatan dan metode yang digunakan disesuaikan dengan materi pelajaran dan latar belakang siswa yang diajar. Sebelum mengajar, dia sudah merencanakan dengan baik, pendekatan dan metode apa yang harus digunakan. Dia berusaha mencari tahu, sudah seberapa jauh, siswa-siswinya menguasai palajaran bahasa Arab pada jenjang sebelumnya.


4 komentar: